SONJO-Husada: Penyaluran Donasi APD dari PT. Jasindo untuk Penanganan Covid-19 dan Mendukung Pilot Project Detektor Covid-19 di RS Bhayangkara Yogyakarta

PT. Asuransi Jasa Indonesia atau Jasindo menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan alat kesehatan lainnya kepada RS Bhayangkara Yogyakarta. Acara ini dilakukan pada tanggal 29 Mei 2020 pada pukul 10.00 WIB bertempat di RS Bhayangkara Yogyakarta, Jalan Solo Km. 14. Hadir pada saat penyerahan adalah pimpinan Rumah Sakit Bhayangkara, komisaris Jasindo beserta perwakilan pegawai, dan media massa.

Pada bantuan kali ini, juga diserahkan donasi alat detektor Covid-19 yang merupakan hasil penelitian dan inovasi tim Dr Eng. Kuwat Triyana, M.Si., dosen Fakultas MIPA UGM. Alat ini diprediksi mampu mendeteksi pasien terkena Covid-19 atau tidak melalui hembusan nafas pasien. Penelitian ini masih dalam tahapan ujicoba serta masih akan dikembangkan agar dapat mengetahui seberapa akurat alat ini dapat mendeteksi keberadaan Covid-19 di tubuh pasien. RS Bhayangkara dijadikan sebagai pilot project inovasi ini.

Acara dilanjutkan di dalam Aula RS Bhayangkara. Secara seremonial, dilakukan sambutan-sambutan dari masing-masing perwakilan organisasi. Pimpinan RS Bhayangkara, dr. Theresia menyebutkan bahwa bantuan ini sangat bermanfaat bagi rumah sakit sehingga risiko tenaga kesehatan tertular Covid-19 menjadi lebih rendah. Hal ini terbukti hingga saat ini tidak ada tenaga kesehatan yang tertular Covid-19 dari pasien. Kondisi ini didorong pula oleh ketersediaan APD serta prosedur operasional yang dilakukan secara ketat oleh tenaga kesehatan.

Setelah dilakukan acara seremonial, dilakukan In-House Training yang ditujukkan kepada tenaga kesehatan RS Bhayangkara. IHT ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada tenaga kesehatan terkait operasional prosedur penggunaan alat detektor tersebut bersama inovator alat, Dr Eng. Kuwat Triyana, M.Si. dan tim. Harapannya, alat ini dapat digunakan oleh RS Bhayangkara untuk mendeteksi keberadaan Covid-19 di dalam tubuh pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *