Categories
Report

Memasuki Fase 2000 kasus per-hari

Kondisi hari ini secara nasional memperlihatkan pola naik turun pertambahan di range angka 1500-2000 kasus per hari.

Pola ini diperkuat dengan pertambahan kasus yang makin banyak seiring dengan makin bebasnya dan normalnya masyarakat melaksanakan aktivitas seperti kondisi sebelum terjadi COVID-19. Dalam poin ini, menunjukkan jargon New Normal sebagai strategi belum berhasil dijadikan strategi andalan saat ini. Tidak hanya secara nasional, hampir di semua Provinsi/Daerah/Klaster menunjukkan pola pertambahan yang masih menaik dan belum menunjukkan pola yang akan menurun dalam waktu dekat.

Beberapa poin kritis manajemen dan mitigasi COVID-19 di Indonesia, menurut kami ada beberapa poin yang tidak tepat, sebagai berikut

  1. New normal sebagai strategi tidak efektif dan tidak memiliki daya impact yang besar. Perlu strategi baru yang mau tidak mau ini harus lebih represif dalam konteks pencegahan, deteksi dan kurasinya. Kami mengusulkan strategi New Paradigm, atau Paradigma Penanganan COVID-19 menjadi ofensif dengan melakukan pembatasan aktivitas baik dari sisi jumlah, area dan screening yang lebih masif.
  2. Edukasi ke masyarakat berubah menjadi penyampaian informasi pertambahan kasus secara berkala tidak hanya 1x sehari tetapi 3x sehari baik pagi, siang, dan malam untuk menciptakan awareness yang lebih kuat. Cara dengan tidak mengumumkan pertambahan kasus, makin membuat awareness melemah dan finally tidak bermakna data yang ada.
  3. Pola penanganan kasus untuk hal tertentu tidak lagi menggunakan pola pendekatan zonasi, tetapi melakukan model klustering tingkat resiko kasus dengan mengembangan model scoring resiko. sehingga akan diketahui secara obyektif pola penanganan dengan resiko yang ada di setiap daerah. Fokus penanganan harus menggunakan skala prioitas pada daerah resiko tertinggi dengan intervensi Pusat. Ilustrasi pada peta sebaran sebagai berikut

Tentang Respon COVID-19 Indonesia

Respon COVID-19 Indonesia adalah insiaisi data movement untuk mitigasi penyebaran COVID-19 di Indonesia. Terpublikasi melalui website dan dashboard data cases di Indonesia pada covid19.gamabox.id sejak tanggal 13 Maret 2020. Merupakan inisiasi kerjasama Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, DIKE FMIPA UGM dan Start Up Widya Analytic. Memfokuskan pada pengumpulan data lapangan dan analisisnya secara faktual dalam perspektif 360 derajat sudut pandang data, didukung dengan tim riset ilmiah, tim kampanye mitigasi dan tim teknis pengembangan peralatan tepat guna untuk meredam penyebaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *