Categories
Report

Pertambahan 1000-an kasus per hari yang harus diwaspadai

Pertambahan kasus per hari di range angka 1000 kasus COVID-19 di Indonesia sudah berjalan saat ini. Sesuai prediksi dari tim respon COVID-19 Indonesia jauh hari sebelumnya, pola pertambahan kasus di Indonesia akan bertambah dengan level baru jumlah kasus per hari. Dan tampaknya angka pertambahan per hari yang sudah semakin tinggi, tidak dimaknai dengan kewaspadaaan dan sebaliknya semakin marak pelonggaran yang terjadi. Prediksi kami, sebentar lagi kita akan masuk fase pertambahan kasus harian diangka 1500-2000 kasus per hari dan terus bertambah hingga tidak terkendali, jika pola dan manajemen mitigasi seperti saat ini.

Apa sebenarnya “insight” pertambahan pada range 1000-an ini?

Refleksi kebijakan penangangan COVID-19 di Indonesia menunjukkan kinerja rielnya. Beberapa langkah yang sudah diambil sebelumnya hanya mampu menahan sesaat pola pertambahan. Tetapi kemudian akan bertambah kemudian secara pasti dengan level pertambahan yang baru. Maknanya sederhana, PERLU dan HARUS ada pola manajemen mitigasi yang lebih segar, terobosan dan high-impact.

Meskipun Indonesia bisa dikatakan terlambat dengan pola manajemen mitigasi yang dilakukan negara-negara yang sudah mulai mendekati angka nol, tidak salah jika kemudian kita perlu merubah strategi saat ini.

Jika melihat pola/insight data yang ada minimal ada 3 strategi mendasar yang bisa dilakukan saat ini:

  1. Pola penanganan mitigasi penyebaran COVID-19 harus dilakukan dengan pola tidak lagi kedaerahan (baca: Kota/Kabupaten/Provinsi) tetapi dibuat cluster. prinsipnya semakin sempit klusternya maka akan semakin efektif impactnya. Bisa dilakukan berbasis kedaerahan lokal atau organisasi tempat kerja dan kemasyarakatan misalnya.
  2. Strategi penetrasi TOP DOWN baik kebijakan dan pressure harus dilakukan oleh Pemerintah, baik dengan kebijakan yang serempak misalnya untuk PSBB atau kebijakan sejenisnya. Lockdown tidak haram, jika diperlukan untuk kasus yang hampir memiliki pola tidak terkendali seperti Jawa Timur. Review ulang pelonggaran mobilisasi manusia melalui jalur darat, udara dan laut.
  3. New Normal bukan lagi hanya kebiasaan baru, tetapi fokus pada pola fikir masyarakat yang harus dibuat “baru”. strategi komunikasi dengan data, edukasi masyarakat dengan contoh nyata, dan melibatkan masyarakat secara efektif dengan mempublikasikannya dalam media nasional untuk membuat gelombang awareness yang besar dan kesadaran serempak perlu dilakukan.

Tentang Respon COVID-19 Indonesia

Respon COVID-19 Indonesia adalah insiaisi data movement untuk mitigasi penyebaran COVID-19 di Indonesia. Terpublikasi melalui website dan dashboard data cases di Indonesia pada covid19.gamabox.id sejak tanggal 13 Maret 2020. Merupakan inisiasi kerjasama Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, DIKE FMIPA UGM dan Start Up Widya Analytic. Memfokuskan pada pengumpulan data lapangan dan analisisnya secara faktual dalam perspektif 360 derajat sudut pandang data, didukung dengan tim riset ilmiah, tim kampanye mitigasi dan tim teknis pengembangan peralatan tepat guna untuk meredam penyebaran.

@2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *