Categories
Report

Proyeksi Pertumbuhan Kasus COVID-19 di Indonesia

Melihat perkembangan pertambahan kasus COVID-19 di Indonesia secara global sampai pada tanggal 3 Mei 2020 menunjukkan pola yang dapat diprediksi. Prediksi pertambahan kasus dilakukan dengan tujuan untuk membuat strategi penangangan nasional yang berimplikasi luas di seluruh wilayah yang sudah tersentuh COVID-19. Wilayah Indonesia dilihat sebagai sebuah area luas dengan keunikan berpulau-pulau dan memiliki demografi yang sangat beragam. Penanganan secara nasional akan menjadi kunci untuk menentukan kapan persebaran ini dapat berakhir.

Pengumpulan data yang dilakukan oleh Data Driven Movement Respon COVID-19 Indonesia di covid19.gamabox.id, dengan kajian mendalam karakteristik pandemi di Indonesia dan tidak tergesa untuk memunculkan model prediksi, tetapi melihat karakteristik dari manajemen penanganan dan pola penyebaran yang terjadi.

Ada 3 skenario prediksi dengan mengikuti karakteristik persebaran dan meletakkan strategi/pola penanganan sebagai variabel independen dan pertumbuhan sebagai variabel dependen nya

  1. Pertambahan Kasus dengan Intervensi Penanganan Normal (PSBB)

  1. Pertambahan Kasus dengan Intervensi Maksimal – Pembatasan PSBB serempak di seluruh Indonesia
  1. Pertambahan Kasus Tanpa Intervensi

Tentang Respon COVID-19 Indonesia

Respon COVID-19 Indonesia adalah insiaisi data movement untuk mitigasi penyebaran COVID-19 di Indonesia. Terpublikasi melalui website dan dashboard data cases di Indonesia pada covid19.gamabox.id sejak tanggal 13 Maret 2020. Merupakan inisiasi kerjasama Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan, DIKE FMIPA UGM dan Start Up Widya Analytic. Memfokuskan pada pengumpulan data lapangan dan analisisnya secara faktual dalam perspektif 360 derajat sudut pandang data, didukung dengan tim riset ilmiah, tim kampanye mitigasi dan tim teknis pengembangan peralatan tepat guna untuk meredam penyebaran.

@2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *